Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Tempat Sampah Plastik

Semua Tentang Tempat Sampah Plastik

Walaupun penggunaan tempat sampah bisa secara bebas. Namun, perlu diperhatikan beberapa bahan yang digunakan pada produk tempat sampah tersebut. Misalnya penggunaan tempat sampah plastik untuk dijadikan wadah pembuangan sampah, tentunya memiliki kelebihan dan kekurang terhadap penggunaannya.

Biasanya Bahasa inggris tempat sampah disebut “waste container” dan tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Meskipun begitu tempat sampah Bahasa inggrisnya menjadi hal yang perlu diketahui oleh semua orang. Misal Anda berpergian ke luar negeri bingung ingin buang sampah kemana jadi tahu apa Namanya tempat sampah dalam Bahasa inggrisnya.

Salah satu jenis tempat sampah yang dapat digunakan untuk penggunaan di luar ruangan adalah tempat sampah plastik. Banyak orang menggunakan tempat sampah plastik dalam ruangan (indoor) maupun diluar ruangan (outdoor).
Plastik biasanya dipilih sebagai bahan pembuatan produk tempat sampah, dan produk ini perlu disimpan dengan baik agar air atau bahan lain selain plastik tidak menimbulkan polusi.

Salah satu pemanfaatan plastik dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan memanfaatkan plastik untuk membuat tempat sampah. Plastik banyak digunakan sebagai bahan pembuatan tempat sampah, salah satunya karena sifatnya yang kedap air seperti yang telah disebutkan di atas.

Walaupun begitu banyak juga produk tempat sampah besar yang dibuat dari bahan plastik dan bisa digunakan untuk keperluan dirumah pribadi. Selain itu penting sekali untuk menyediakan tong sampah didalam rumah baik itu yang kecil maupun yang besar.

Baca juga : Tempat Sampah – Sebuah Solusi Mudah dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kelebihan Tempat Sampah Plastik

Jika digunakan sebagai tempat sampah di luar rumah, bahan tempat sampah plastik ini sangat bagus karena dapat menjaga tempat sampah tetap kering.

Sampah yang dibasahi oleh air mengalir dapat membusuk, terutama jika sampah tersebut organik. Pada saat yang sama, jika sampah kering adalah sampah non-organik yang tidak terendam akan menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

Selain tahan air, tempat sampah ini memiliki banyak keunggulan lainnya. Tong sampah plastik ini memiliki banyak keunggulan. Tetapi bisa saja Anda menggunakan tempat sampah injak untuk keperluan membuang sampah dirumah. Untuk pilihan lainnya bisa menggunakan tempat sampah krisbow namun kualitasnya produk impor bukan produk dalam negeri.

Harga tempat sampah plastik tergolong murah karena produksinya menggunakan mesin injection plastic sehingga lebih cepat produksinya dan lebih efisien.

Baca juga : Pengertian Sampah: Pengelolaan Sampah, Jenis, dan Dampaknya

Tempat Sampah Outdoor

Tempat sampah luar ruangan adalah tempat sampah yang penting. Hal ini berkaitan dengan kebersihan lingkungan Anda. Jika Anda tidak memiliki fasilitas pembuangan sampah di luar rumah, Anda akan kesulitan mengumpulkan sampah rumah tangga.

Oleh karena itu, penggunaan tempat sampah terakhir di rumah Anda sangatlah penting. Saat memilih tempat sampah yang bisa diletakkan di luar ruangan, anda harus memilih tempat sampah yang pas dengan kondisi di Indonesia.

Saat musim hujan mendekat, penting untuk mencari tempat sampah yang tahan air. Dalam hal ini, penggunaan tempat sampah plastik sangat cocok untuk penggunaan di luar ruangan.

Selain tahan terhadap hujan, bahan plastik juga memiliki ketahanan panas. Meski daya tahannya tidak sebaik terbakar, bahan plastik ini tahan terhadap suhu tinggi dari matahari. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir apakah tempat sampah plastik yang Anda miliki akan berubah bentuk.

Baca juga : Permasalahan Sampah dan Solusinya Menggunakan Tempat Sampah

Kelebihan Lainnya Pada Tempat Sampah Plastik

Keunggulan selanjutnya dari tempat sampah plastik ini adalah bobot dari tempat sampah plastik ini. Tempat sampah yang terbuat dari plastik memiliki bobot yang ringan dan mudah dipindahkan, sayangnya jika tempat sampah bukan yang model menempel, maka tempat sampah akan lebih mudah bergerak jika tertiup angin kencang.

Berbagai macam kapasitas tersedia untuk tempat sampah plastik, misalnya tempat sampah plastik, tempat sampah plastik, tempat sampah plastik kapasitas 120 liter beroda, kapasitas 240 liter, tempat sampah plastik kapasitas 660 liter, dan ukuran besar lainnya dengan kapasitas yang berbeda-beda.

Untuk gambar tempat sampah bisa Anda lihat terdapat pada daftar produk karya erat yang bisa dijadikan perbandingan antara tempat sampah berbahan plastik dan bahan fiberglass.

Baca juga : Manfaat Tempat Sampah

Kekurangan Pada Tempat Sampah Plastik

Kekurangan dari tempat sampah plastik, plastik merupakan produk yang banyak dipilih karena dapat melindungi peralatan dari air di sekitarnya. Maksudnya dengan menggunakan tempat sampah plastik itu lebih tahan air dan anti air sehingga tidak perlu khawatir basah atau kehujanan.

Namun, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak ditemukan material baru dengan kinerja yang lebih baik dari plastik, terutama sebagai bahan untuk tempat sampah. Bahan fiberglass ini terbuat dari serat kaca. Dibandingkan dengan serat kaca fiberglass, tempat sampah plastik memang memiliki kelemahan besar.

Tempat sampah plastik tahan air, tetapi tidak terlalu andal dalam kondisi suhu tinggi. Tempat sampah plastik mudah pudar di bawah sinar matahari.

Selain itu, paparan suhu tinggi dan hujan akan membuatnya lebih rentan terhadap korosi dan jika terus-menerus terpapar sinar matahari tempat sampah plastik warnanya akan memudar.

Namun, jika Anda menggunakan tempat sampah plastik jenis ini dengan alat pelindung tambahan, maka Anda dapat menemukan tong sampah plastik dapat digunakan dengan waktu yang lebih lama.

Baca juga : Peraturan Perundang-Undangan Tentang Pengelolaan Sampah

Fungsi Warna Pada Tempat Sampah Plastik

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta selalu menggunakan tempat sampah 3 warna produk karya erat yang banyak dipasang ditaman, pinggir jalan, trotoar, sekolah, perkantoran, hoteln, dan masih banyak tempat-tempat fasilitas umum lainnya.

Mengenai tempat sampah 3 warna tersebut tentunya kita harus tahu fungsi warna pada tempat sampah tersebut. Misalnya warna merah untuk jenis sampah apa, orange untuk apa, dan hijau untuk sampah jenis apa.

Seperti yang sudah Anda ketahui, di tempat-tempat umum, kita sudah mulai banyak menemukan tempat sampah yang tersusun dalam deretan warna yang berbeda-beda, atau disebut tempat sampah terpisah. Menurut peraturan KLHK, setiap jenis sampah memiliki 5 warna berbeda, yaitu hijau, kuning, merah, biru, dan abu-abu. Hai, masih bingung memilih warna tempat sampah sesuai jenisnya?

Agar tidak membingungkan semua orang, mari kita ingat sekali lagi bahwa tempat sampah dibagi menurut warna jenis sampahnya:

  • Hijau : untuk sampah organik (daun, sisa makanan, ranting).
  • Kuning : untuk sampah yang dapat digunakan kembali atau sampah guna ulang seperti (plastik, gelas, kaleng, lampu, baterai, obat nyamuk).
  • Merah : tempat sampah yang berwarna merah untuk sampah yang berasal dari sampah Limbah B3/bahan berbahaya dan beracun (baterai).
  • Biru : daur ulang sampah (Recycle) (kertas, karton, koran).
  • Abu-abu : untuk sampah Residu (tisu, rokok, popok, kapas).

Dari beberapa pilihan diatas bisa disimpukan bahwa sampah terbagi dari berbagai macam jenis, sehingga perlu memilah sampah sesuai dengan kategori warnanya. Hal yang terpenting adalah jangan membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah pada tempatnya.

Bingung Memilih Tempat Sampah

Masih bingung? Pokoknya jangan khawatir ya. Sekarang banyak tersedia ditempat-tempat umum yang menyediakan tempat sampah terpisah, setiap warna tempat sampah memiliki huruf atau logo sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi tempat untuk meletakkan tempat sampah berdasarkan jenis tempat sampah. Jadi jangan salah lagi mulai sekarang.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis tempat sampah yang bisa digunakan untuk wadah pembuangan sampah. Namun, terlebih dahulu membahas tentang kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan tempat sampah plastik.

Gerakan kecil dan sederhana ini dapat sangat bermanfaat bagi pengelolaan sampah dan lingkungan kita. Jadi, sebagai masyarakat yang baik jangan membuang sampah sembarangan yang bisa berdampak buruk terhadap lingkungan. Jangan lupa untuk terus saling mengingatkan kepada setiap orang untuk menjaga kebersihan lingkungan agar terciptanya lingkungan yang bersih dan asri.

Baca juga : Pengelolaan Sampah

Produk Tempat Sampah Menarik Lainnya

Setelah berakhirnya masa covid 2019 yang sudah kita lalui, masalah sampah masih belum juga terselesaikan bahkan justru bertambah terus menerus seiring berjalannya waktu. Sebagai produsen tempat sampah di Indonesia karya erat terus membuat tempat sampah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dimana langkah tersebut merupakan suatu dukungan untuk membantu menyelesaikan permasalahan sampah yang tidak ada habisnya.

Selain tempat sampah adapula produk lainnya seperti mesin pencacah sampah organik, mesin pengayak kompos, mesing pengolah sampah, mesin press hydraulic, dan alat perkakas kerja (cangkul, cangkrang, sekop, pengki karet, sapu lidi bergagang, linggis, serokan sampah, alat biopori).

Karya Erat Menjual Aneka Macam Tempat Sampah

Kami menyediakan tempat sampah dengan kualitas terbaik mulai dari tempat sampah fiberglass, tempat sampah plastik HDPE, Gerobak Sampah,Kontainer Sampah, Gunting Taman, Gunting Rumput, Sapu lidi, Cangkrang, Golok, Cangkul, dan lainnya masih banyak lagi macamnya.

Tersedia Tempat Sampah

Untuk pemesanan tempat sampah silahkan customers menghubungi kontak kami yang tersedia di website ini. ataupun melalui chat whatsapp.