√ Tempat Sampah dan Manfaatnya untuk Lingkungan

Jual Tong Sampah Fiberglass  

Apa yang dimaksud dengan tempat sampah (waste container)? Tempat sampah adalah tempat atau wadah yang digunakan untuk menampung sampah secara sementara yang biasanya terbuat dari besi logam, plastik, dan fiberglass.

Didalam ruangan, tempat sampah pada umumnya disimpan di dapur dan fungsinya adalah untuk membuang sisa kegiatan dapur seperti sisa sayuran, buah-buahan, sisa plastik kemasan produk, dan lainnya. Ada juga tempat sampah khusus untuk kertas yang digunakan di kantor.

Saat ini, Beberapa tong sampah memiliki tutup di bagian atas untuk mencegah bau keluar dari tempat sampah. Sebagian besar harus dibuka dengan tangan, namun kini banyak yang menggunakan pedal agar lebih mudah membuka tutupnya.

Baca Juga: Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

Tempat sampah biasanya merupakan tempat penyimpanan sementara untuk sampah seperti logam dan plastik.

Di rumah, tempat sampah sering disimpan di dapur untuk sisa makanan seperti kulit buah dan botol. Ada juga baki kertas khusus untuk penggunaan kantor. Beberapa tong sampah memiliki tutup di bagian atas untuk mencegah bau keluar dari tempat sampah. Sebagian besar harus dibuka dengan tangan, namun kini banyak yang menggunakan pedal agar lebih mudah membuka tutupnya.

Tempat sampah rumah tangga seringkali dilapisi dengan kantong agar mudah dibuang, sehingga Anda tidak perlu memindahkan sampah saat sudah penuh. Yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan kantong tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Hal Ini memudahkan kita dalam proses pembuangan sampah.

Baca : Pentingnya Menjaga Kebersihan di Lingkungan

Fungsi Tempat Sampah Pada Fasilitas Umum

Beberapa tempat fasilitas umum seperti taman memiliki tempat sampah yang sudah disediakan. Hal ini untuk menghindari kebiasaan kotor yang mempengaruhi keindahan dan kesehatan lingkungan serta etika sosial.

Semua sampah yang terkumpul biasanya diangkut dengan truk sampah dan diangkut ke insinerator, tempat pembuangan, atau penghancur sampah. Di beberapa tempat ada juga layanan pengumpulan daur ulang dengan satu atau lebih tempat sampah untuk didaur ulang.

Tempat sampah khusus ini ditampilkan (biasanya berwarna) sesuai dengan jenis limbah yang dapat ditampung. Bahan yang disediakan untuk menampung sampah antara lain kertas, kaca, logam, plastik dan sampah yang dapat dijadikan kompos (organik).

Membuang sampah pada tempatnya pada dasarnya adalah bagaimana kami berkontribusi pada pengelolaan sampah yang lebih baik.

Baca juga: Tips Menjaga Kebersihan

Jenis-Jenis Warna Tempat Sampah

Ini tidak hanya mempromosikan sanitasi dan kesehatan lingkungan, tetapi juga membantu mencegah bencana seperti banjir.

Untuk itu, biasakan untuk membedakan dan membuang sampah berdasarkan jenis sampahnya. Ternyata ada peraturan yang mengatur warna tempat sampah tergantung dari jenis sampah yang dibuang ke tempat sampah.

Berikut ini beberapa warna tempat sampah dengan penjelasan fungsinya, diantaranya:

  • Hijau: Tempat sampah hijau diisi dengan sampah organik. Sampah organik termasuk sampah alami yang mudah terurai di alam, seperti sisa makanan, ranting dan daun. Sampah organik juga bisa dijadikan bahan untuk membuat kompos.
  • Kuning: Tempat sampah dengan warna kuning diisi dengan sampah anorganik. Misalnya plastik, styrofoam, kaleng, dan lainnya. Sampah anorganik adalah sampah atau benda yang dihasilkan mesin yang hanya dapat terurai di dalam tanah selama ratusan tahun. Sampah anorganik dapat menyebabkan kerusakan lingkungan karena sulit terurai.
  • Merah: Tong sampah merah diisi dengan zat berbahaya dan beracun (B3). Contohnya adalah bahan kimia, komponen elektronik dan pecahan kaca.
  • Biru: Tempat sampah warna biru khusus untuk kertas untuk mempermudah dalam proses daur ulang.
  • Abu-abu: Tempat sampah dengan warna abu-abu berisi popok bekas, pembalut perempuan, permen karet, dan lainnya.

Baca juga: Manfaat Gerobak Sampah untuk Pengelolaan Sampah

Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya harus dijaga selama budidaya oleh mereka yang suka membersihkan lingkungan dan mereka yang terus beregenerasi untuk menghindari masalah sampah seperti genangan air, bakteri penyebab gangguan pencernaan dan berbagai jenis kulit.

Membersihkan dan membuang sampah pada tempatnya harus dilakukan dengan terus-menerus, dan dijadikan sebuah kebiasaan, bukan sebagai sesuatu yang menghambat atau membuat kita malas.

Kebiasaan tidak membuang sampah sembarangan juga harus dijadikan contoh untuk orang-orang, dan dijadikan budaya sehari-hari.

Baca juga: Cara Membuat Tempat Sampah dari Botol Bekas

Sediakan Tempat Sampah di Lingkunganmu

Untuk meningkatkan kebersihan lingkungan atau meminimalisir membuang sampah sembarangan maka perlu adanya tempat sampah disetiap sudut, baik itu di perumahan, perkantoran, hotel, sekolah, kampus, fasilitas umum dan lainnya.

Kami menyediakan tempat sampah dengan kualitas terbaik mulai dari tempat sampah fiberglass, tempat sampah plastik HDPE, Gerobak Sampah,Kontainer Sampah, Gunting Taman, Gunting Rumput, Sapu lidi, Cangkrang, Golok, Cangkul, dan lainnya masih banyak lagi macamnya.

Tersedia Pilihan Tong Sampah