Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

Pengertian Sampah MEnurut Para Ahli

 

Tempat sampah merupakan tempat untuk menampung sampah untuk sementara waktu, yang biasanya sampah tersebut terbuat dari logam atau plastik. Di dalam ruangan tempat sampah umumnya disimpan di dapur untuk membuang sisa kegiatan dapur seperti kulit buah atau botol dan sampah organik dan anorganik lainnya.

1. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Sampah adalah semua sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam dalam bentuk padat atau setengah padat, berupa bahan organik atau anorganik yang dapat terurai atau tidak dapat terurai, yang dianggap tidak berguna dan telah dibuang ke lingkungan.

Baca Juga : Hal Terpenting dalam Menjaga Kebersihan

2. Azwar

Sampah merupakan bagian dari barang-barang yang sudah tidak digunakan, tidak disukai atau harus dibuang yang biasanya berasal dari kegiatan manusia (termasuk kegiatan industri), tetapi tidak bersifat biologis, karena tidak termasuk kotoran manusia (human waste).

3. Basyiranta

Sampah merupakan berbagai bahan yang sudah tidak terpakai lagi sehingga dibuang oleh pemiliknya, namun jika sampah tersebut didaur ulang dan digunakan kembali tetap dapat digunakan.

Baca : Pentingnya Menjaga Kebersihan di Lingkungan

4. Wijaya Jati

Sampah merupakan salah satu konsekuensi sisa dari semua aktivitas manusia.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sampah mengacu pada semua barang yang dibuang oleh pemiliknya karena sudah tidak digunakan lagi atau sudah tidak didinginkan lagi, seperti kotoran, kaleng minuman, daun, kertas, dll. Baca juga : Tempat Sampah Menarik

6. Tanjung

Sampah merupakan barang yang sudah tidak berguna lagi sehingga dibuang oleh pemiliknya.

7. Bahar

Sampah merupakan barang yang harus bersifat padat dan tidak lagi digunakan serta dibuang, sehingga barang tersebut tidak dapat sepenuhnya terurai secara alami yang pada akhirnya akan menimbulkan kerusakan.

8. World Health Organization (WHO)

Sampah mengacu pada semua jenis barang yang tidak lagi digunakan, tidak digunakan, tidak disukai atau dibuang dari aktivitas manusia.

Baca juga : Sosialisasi Tempat Sampah

9. Julie Soemirat

Sampah mengacu pada semua benda padat yang dihasilkan oleh aktivitas manusia yang tidak perlu.

10. Profesor Radistuti

Sampah digunakan sebagai sumber daya yang belum siap digunakan.

11. Darmadi

Sampah adalah semua produk buangan yang padat yang terdiri dari bahan organik dan anorganik.

12. Notoatmojo

Sampah adalah benda atau bahan yang sudah tidak digunakan lagi.

13. Rie G. S

Sampah adalah semua yang kita miliki, tapi sama sekali tidak berguna.

14. Manik

Sampah adalah segala jenis benda yang harus dibuang yang tidak digunakan dan harus dibuang yang dihasilkan oleh kegiatan manusia.

15. Tchobanoglous

Sampah adalah semua limbah padat atau setengah padat yang dihasilkan oleh aktivitas manusia atau hewan yang tidak diperlukan atau digunakan kembali.

Baca Juga : Pentingnya Memisahkan Sampah Organik dan Anorganik

16. Kodoatie

Sampah adalah limbah padat atau semi atau barang buangan yang padat dari hasil kegiatan perkotaan atau daur hidup biologis.

17. Ecolink

Sampah adalah semua bahan yang terbuang atau dibuang ke sumbernya karena aktivitas manusia atau proses alam yang tidak memiliki nilai ekonomis.

18. Slamet

Sampah ialah hal yang tidak diinginkan bagi pemilik sampah, dari yang padat, ada yang mudah terurai, dan ada yang tidak mudah terurai.

19. Mustofa

Sampah, yaitu semua bahan yang tidak berharga lagi digunakan, barang cacat atau rusak.

20. Setyo Purwendro

Sampah mengacu pada semua bahan padat yang dikeluarkan dari kegiatan rumah tangga, rumah, hotel, pasar, industri dan kegiatan manusia lainnya, sehingga sampah juga dapat diartikan sebagai produk sampingan yang tidak terpakai dari kegiatan manusia.

21. Kamus Lingkungan

Limbah mengacu pada semua bahan yang tidak memiliki nilai atau tidak memiliki harga untuk tujuan biasa atau khusus dalam produksi atau penggunaan; barang rusak atau cacat dalam proses pembuatan; atau bahan yang berlebihan atau terbuang percuma.

22. Leonardo

Sampah merupakan salah satu jenis sampah limbah yang terdapat di masyarakat atau disebut juga istilah sampah. Sampah memang memiliki kesamaan dengan sampah limbah padat.

Konsep 3R Pengelolaan Sampah

  • Reuse, yaitu pemanfaatan kembali sampah secara langsung dengan fungsi yang sama atau fungsi lain.
  • Reduce (kurangi), teknologi yang mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan pemborosan.
  • Recycle (Daur ulang) mengacu pada kemampuan untuk menggunakan kembali limbah setelah melalui proses pengolahan.

Menurut para ahli terlengkap, begitulah penjelasan terlengkap dari 22 pengertian sampah menurut para ahli. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu dan wawasan Anda.

Untuk itu kami menyediakan solusi untuk mengatasi masalah sampah yang ada dilingkungan sekitar. Kami menyediakan tempat sampah dengan kualitas terbaik mulai dari tempat sampah fiberglass, tempat sampah plastik HDPE, Gerobak Sampah,Kontainer Sampah, Gunting Taman, Gunting Rumput, Sapu lidi, Cangkrang, Golok, Cangkul, dan lainnya masih banyak lagi macamnya.

Tersedia Pilihan Tong Sampah

Untuk pemesanan tempat sampah silahkan customers menghubungi kontak kami yang tersedia di website ini. ataupun melalui chat whatsapp.