Penting Cara Mudah Pengelolaan Sampah untuk Menyelamatkan Lingkungan Kita

Jual Tempat Sampah

Tahukah Anda, rata-rata Anda akan menghasilkan 900 gram sampah setiap hari, artinya Anda menyumbang 392 kilogram sampah dalam setahun. Ini satu-satunya sampah yang dihasilkan oleh manusia, bisa dibayangkan berapa banyak sampah yang dihasilkan manusia setiap tahunnya? Nah, disinilah pentingnya pengelolaan sampah di rumah.

Tujuan pengelolaan sampah adalah menjadikan sampah bernilai ekonomis atau mengubahnya menjadi bahan yang tidak merusak lingkungan. Dengan pengelolaan sampah rumah tangga yang tepat, Anda dapat membantu mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

Bagaimana cara mengelola sampah dengan benar di rumah? Silakan lihat bagaimana cara melakukannya di bawah ini:

Baca Juga : Hal Terpenting dalam Menjaga Kebersihan

1. Klasifikasi Menurut Jenis Sampah

Langkah pertama dalam sistem pengelolaan sampah rumah tangga adalah memisahkan sampah menurut jenisnya. Secara garis besar sampah dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Siapkan dua tempat sampah yang didedikasikan untuk setiap tempat sampah di rumah. Anda pasti sudah tahu bahwa sampah organik adalah sampah dari alam. Seperti sisa makanan atau daun. Dengan kata lain, semua sampah yang mudah terurai adalah sampah organik. Sementara itu, plastik, karet, gelas dan kaleng digolongkan sebagai sampah anorganik.

Dengan memisahkan sampah organik dari sampah anorganik, langkah selanjutnya akan memudahkan Anda dalam mengelola sampah di rumah.

Kompos Organik

2. Pengelolaan Sampah Organik

Cara paling mudah untuk mengelola sampah organik adalah dengan mengubahnya menjadi kompos yang bisa digunakan untuk berkebun. Namun, jika Anda tidak suka berkebun atau bau yang dihasilkan selama pengomposan, Anda bisa menyumbangkan sampah organik Anda kepada teman atau penjual tanaman yang tertarik berkebun. Karena mereka harus menerima pengomposan dengan senang hati.

Baca juga : Kenapa harus tempat sampah dari Produk Karya Erat ?

3. Pengelolaan Sampah Anorganik

Beberapa sampah anorganik yang dapat didaur ulang, seperti kertas, karton, botol kaca, botol plastik, kaleng, dll. Jika Anda tidak yakin apakah suatu kemasan makanan dapat didaur ulang, Anda dapat memeriksa tanda daur ulang pada kemasan makanan tersebut. Jika ada tanda daur ulang, maka kemasan makanan bisa didaur ulang. Bawalah sampah anorganik ke pusat daur ulang sampah terdekat atau serahkan ke pemulung.

4. Pengelolaan Limbah B3

Pilah limbah berbahaya ke pusat daur ulang. Petugas pusat daur ulang harus tahu cara mendaur ulang limbah berbahaya agar tidak merusak lingkungan.

Untuk produk elektronik yang sudah rusak atau berubah menjadi sampah, Anda dapat mengembalikannya ke perusahaan yang memproduksinya. Beberapa perusahaan elektronik menerima produk elektronik bekas untuk didaur ulang menjadi produk elektronik baru.

Baca : Pentingnya Menjaga Kebersihan di Lingkungan

5. Kurangi, Gunakan Kembali, dan Daur Ulang!

Kembangkan gaya hidup mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sendiri, atau yang biasa dikenal dengan 3R. Biasakan untuk mengurangi penggunaan plastik atau bahan lain yang sulit terurai. Untuk menghemat penggunaan plastik, Anda bisa membaca lebih lengkap di artikel lain yang membahas tentang pola makan sampah plastik.

Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan barang bekas agar bisa digunakan kembali. Ini seperti menggunakan botol plastik bekas sebagai pot bunga. Itu hanya sebuah contoh. Ada lebih banyak barang bekas yang tersedia untuk kreativitas!

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengumpulkan sampah yang bisa dikumpulkan kembali. Dengan membawa sampah ke pusat daur ulang, seperti yang telah dibahas di atas tentang pengelolaan sampah tidak berbau.

Jual Tong Sampah

Nah, sebagai seorang milenial, sudahkah Anda mengambil tujuh langkah untuk mengelola sampah di rumah demi planet tercinta kita? Jangan lupa bahwa hal paling mendasar yang harus Anda lakukan adalah membuang sampah di tempat yang sama!

Baca : Pentingnya Biopori untuk Kebersihan di Lingkungan

Untuk itu kami menyediakan solusi untuk mengatasi masalah sampah yang ada dilingkungan sekitar. Kami menyediakan tempat sampah dengan kualitas terbaik mulai dari tempat sampah fiberglass, tempat sampah plastik HDPE, Gerobak Sampah,Kontainer Sampah, Gunting Taman, Gunting Rumput, Sapu lidi, Cangkrang, Golok, Cangkul, dan lainnya masih banyak lagi macamnya.

Tersedia Pilihan Tong Sampah

Untuk pemesanan tempat sampah silahkan customers menghubungi kontak kami yang tersedia di website ini. ataupun melalui chat whatsapp.