√ Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Tempat Sampah Plastik Sebagai Tempat Sampah

Tong Sampah Pilah Plastik HDPE

Salah satu jenis tempat sampah yang dapat digunakan untuk penggunaan di luar ruangan adalah tempat sampah plastik. Plastik biasanya dipilih sebagai bahan pembuatan produk tempat sampah, dan produk ini perlu disimpan dengan baik agar air atau bahan lain selain plastik tidak menimbulkan polusi.

Salah satu pemanfaatan plastik dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan memanfaatkan plastik untuk membuat tempat sampah. Plastik banyak digunakan sebagai bahan pembuatan tempat sampah, salah satunya karena sifatnya yang kedap air seperti yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga : Hal Terpenting dalam Menjaga Kebersihan

Kelebihan Tempat Sampah Plastik

Jika digunakan sebagai tempat sampah di luar rumah, bahan tempat sampah plastik ini sangat bagus karena dapat menjaga tempat sampah tetap kering. Sampah yang dibasahi oleh air mengalir dapat membusuk, terutama jika sampah tersebut organik.

Pada saat yang sama, jika sampah kering adalah sampah non-organik yang tidak terendam akan menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Selain tahan air, tempat sampah ini memiliki banyak keunggulan lainnya. Tong sampah plastik ini memiliki banyak keunggulan.

Baca : Pentingnya Menjaga Kebersihan di Lingkungan

Tempat Sampah Outdoor

Tempat sampah luar ruangan adalah tempat sampah yang penting. Hal ini berkaitan dengan kebersihan lingkungan Anda. Jika Anda tidak memiliki fasilitas pembuangan sampah di luar rumah, Anda akan kesulitan mengumpulkan sampah rumah tangga.

Oleh karena itu, penggunaan tempat sampah terakhir di rumah Anda sangatlah penting. Saat memilih tempat sampah yang bisa diletakkan di luar ruangan, anda harus memilih tempat sampah yang pas dengan kondisi di Indonesia.

Baca juga : Sosialisasi Tempat Sampah

Saat musim hujan mendekat, penting untuk mencari tempat sampah yang tahan air. Dalam hal ini, penggunaan tempat sampah plastik sangat cocok untuk penggunaan di luar ruangan. Selain tahan terhadap hujan, bahan plastik juga memiliki ketahanan panas.

Meski daya tahannya tidak sebaik terbakar, bahan plastik ini tahan terhadap suhu tinggi dari matahari. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir apakah tempat sampah plastik yang Anda miliki akan berubah bentuk.

Kelebihan Lainnya Pada Tempat Sampah Plastik

Keunggulan selanjutnya dari tempat sampah plastik ini adalah bobot dari tempat sampah plastik ini. Tempat sampah yang terbuat dari plastik memiliki bobot yang ringan dan mudah dipindahkan, sayangnya jika tempat sampah bukan yang model menempel, maka tempat sampah akan lebih mudah bergerak jika tertiup angin kencang.

Baca juga : Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

Kekurangan Pada Tempat Sampah Plastik

Kekurangan dari tempat sampah plastik, plastik merupakan produk yang banyak dipilih karena dapat melindungi peralatan dari air di sekitarnya. Namun, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak ditemukan material baru dengan kinerja yang lebih baik dari plastik, terutama sebagai bahan untuk tempat sampah.

Bahan fiberglass ini terbuat dari serat kaca. Dibandingkan dengan tempat sampah fiberglass, tempat sampah plastik memang memiliki kelemahan besar. Tempat sampah plastik tahan air, tetapi tidak terlalu andal dalam kondisi suhu tinggi. Tempat sampah plastik mudah pudar di bawah sinar matahari.

Baca Juga : Pentingnya Memisahkan Sampah Organik dan Anorganik

Selain itu, paparan suhu tinggi dan hujan akan membuatnya lebih rentan terhadap korosi. Namun, jika Anda menggunakan tempat sampah plastik jenis ini dengan alat pelindung, maka Anda dapat menemukan tong sampah plastik dapat digunakan dengan waktu yang lebih lama.

Fungsi Warna Pada Tempat Sampah Plastik

Seperti yang sudah Anda ketahui, di tempat-tempat umum, kita sudah mulai banyak menemukan tempat sampah yang tersusun dalam deretan warna yang berbeda-beda, atau disebut tempat sampah terpisah. Menurut peraturan KLHK, setiap jenis sampah memiliki 5 warna berbeda, yaitu hijau, kuning, merah, biru, dan abu-abu.

Hai, masih bingung memilih warna tempat sampah sesuai jenisnya? Agar tidak membingungkan semua orang, mari kita ingat sekali lagi bahwa tempat sampah dibagi menurut warna jenis sampahnya:

  • Hijau: sampah organik (daun, sisa makanan, ranting)
  • Kuning: sampah yang dapat digunakan kembali atau sampah guna ulang seperti (plastik, gelas, kaleng, lampu, baterai, obat nyamuk)
  • Merah: Limbah B3/bahan berbahaya dan beracun (baterai)
  • Biru: daur ulang sampah (Recycle) (kertas, karton, koran)
  • Abu-abu: Residu (tisu, rokok, popok, kapas)

Masih bingung? Pokoknya jangan khawatir ya. Sekarang banyak tersedia ditempat-tempat umum yang menyediakan tempat sampah terpisah, setiap warna tempat sampah memiliki huruf atau logo sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi tempat untuk meletakkan tempat sampah berdasarkan jenis tempat sampah.

Jadi jangan salah lagi mulai sekarang. Gerakan kecil dan sederhana ini dapat sangat bermanfaat bagi pengelolaan sampah dan lingkungan kita.

Solusi Mengatasi Masalah Kekurangan Tempat Sampah

Untuk itu kami menyediakan solusi untuk mengatasi masalah sampah yang ada dilingkungan masyarakat, harga tempat sampah yang kami berikan terjangkau untuk Anda.

Kami menyediakan tempat sampah dengan kualitas terbaik mulai dari tempat sampah fiberglass, tempat sampah plastik HDPE, Gerobak Sampah,Kontainer Sampah, Gunting Taman, Gunting Rumput, Sapu lidi, Cangkrang, Golok, Cangkul, dan lainnya masih banyak lagi macamnya.

Tersedia Pilihan Tong Sampah